Selasa, 15 Februari 2011

PC-Menembus Password Bios

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, disanalah semua setingan hardware sebuah PC berada. Merupakan sistem dasar identifikasi keseluruhan hardware dalam PC sehingga hardware dapat dimanfaatkan/diorganisir oleh sistem operasi (seperti windows). Untuk masuk ke setingan/menu BIOS, banyak cara dapat dilakukan (dengan menekan kombinasi tombol keyboard tertentu) tergantung tipe BIOS komputer tersebut. Tipe BIOS biasanya dapat diketahui dari buku manual motherboard/mainboard yang disertakan dalam paket penjualan. Tipe BIOS juga dapat diketahui dengan mudah saat komputer dihidupkan, biasanya logo dan nama BIOS terlihat dilayar. Berikut ini adalah beberapa kombinasi keyboard untuk masuk BIOS berdasarkan tipe BIOS:

Kombinasi Keyboard Tipe BIOS
Del AMI, AWARD
ESC Toshiba
F1 Toshiba, Phoenix and later models from Late model PS/1 Value Point and 330s
F2 NEC, Dell
F10 Compaq
Ins IBM PS/2s
twice Reset Dell
Alt+Return Dell
Alt+"?" some PS/2-Models
Ctrl+Esc General
Ctrl+Ins some PS/2-Models
Ctrl+Alt+Esc AST Advantage, Award, Tandon
Ctrl+Alt+"+" General
Ctrl+Alt+S Phoenix
Ctrl+Alt+Ins Zenith, Phoenix
Ctrl+S Phoenix
Ctrl+Shift+Esc Tandon 386er
Ctrl+Shift+Alt +Del(num.Keypad) Olivetti PC Pro
Setupdisk Compaq, Epson, IBM, Toshiba, 286er


Saat semua setingan BIOS dirasa pas dan optimal, terkadang kita merasa perlu menambahkan password ke dalam BIOS supaya tidak seorangpun dapat mengubah setingan BIOS, apalagi kalau komputer yang kita seting adalah komputer umum yang banyak orang dapat bebas memakainya (misal komputer LAB). Untuk itu BIOS menyediakan menu khusus untuk menambahkan password.

Hal terburuk yang bisa saja terjadi adalah saat kita LUPA password BIOS komputer tersebut. Otak akan bekerja keras mencari password di setiap sudut kepala kita, karena menurut para ilmuwan saat kita lupa bukan berarti ingatan tentang itu hilang dari kepala kita, tetapi kita hanya tidak tahu di bagian otak mana kita meletakkan memori itu.

Saat semua usaha itu menemui jalan buntu mulut akan berucap "Wadduhh...MATI AKU..". Hal ini wajar, karena kita sebagai manusia merupakan makhluk yang tidak dapat merekam semua yang terjadi selamanya. Sebagaimana hadits Nabi yang artinya "Manusia adalah tempatnya kesalahan dan kealpaan(lupa)".

Halah..jadi ngomong kemana-mana..^_^.. Okeh, jangan panik dulu, untuk itu kita perlu belajar bagaimana menembus password BIOS tanpa ingat password sebenarnya. Yuk mari belajar.

Perlu diketahui bahwa produsen BIOS telah jauh-jauh memikirkan hal ini sebelum BIOS diciptakan. Untuk keperluan itu para produsen BIOS telah menanamkan "MASTER PASSWORD" ke dalam tiap-tiap BIOS mereka. Master password adalah password yang superpower. Master password dapat membuka password BIOS meskipun kita tidak mengetahui password BIOS yang telah di-set sebelumnya. Sepertihalnya kombinasi keyboard, master password juga berbeda-beda untuk masing-masing tipe BIOS. Berikut adalah daftarnya (monggo dipilih salah sijine):

AWARD Masterpasswords  01322222  bios  lkw peter  1EAAh  BIOS  lkwpeter  256256  biostar  PASSWORD  589589  biosstar  SER  589721  CONCAT  setup  ?award  CONDO  SKY_FOX  admin  condo  SWITCHES_SW  alfarome  djonet  Sxyz  aLLy  efmukl  SZYX  aPAf  g6PJ  t0ch88  award  h6BB  t0ch20x  award_?  HELGA-S  ttptha  award.sw  HEWITT RAND  TTPTHA  AWARD SW  HLT  TzqF  AWARD_SW  j09F  wodj  AWARD_PW  j256  ZAAADA  award_ps  j262  zbaaaca  AWARD?SW  j322  zjaaadc  awkward  j64  zjaaade






AMI Masterpasswords
 ami  amiami  CMOSPWD
 amidecod  AMI.KEY  KILLCMOS
 amipswd  AMISETUP  589589
 AMIPSWD  AMI?SW  ami.kez
 AMI  AMI!SW  ami°
 A.M.I.  AMI_SW  helgasss
 aammii  bios310  HEWITT RAND
 AMI~  BIOSPASS


Masterpassword untuk tipe BIOS lainnya (biasanya laptop)
Advance Integration: Advance
Amptron: Polrty
AST: SnuFG5
Biostar: Biostar / Q54arwms
Compaq:compaq
Concord: last
CTX International: CTX_123
CyberMax: Congress
Daytek+Daewoo:Daytec/Daewuu
DELL: DELL
Digital Equipment: komprie
Enox: xo11nE
Epox: central
Freetech: Posterie
HP Vectra Serie: hewlpack
IBM: IBM / MBIUO / sertafu
IBMAptiva: press both mousekeys
Iwill: iwill
Jet Way: spoom1
Joss Techn.: 57gbz6 / Technolgi
MachSpeed: sp99dd
Magic-Pro: prost
Megastar: Star
Micron: sldkj754 / xyzall
Micronics: dn_04rjc
M Technology: mMmM
Nimble: xdfk9874t3
Packard Bell: Bell9
QDI: QDI
Quantex: teX1 / xljlbj
Research: Col2ogro2
Shuttle: Spacve
Siemens Nixdorf: SKY_FOX
Speedeasy: lesarot1
SuperMicro: ksdjfg934t
Tiny: Tiny
TMC: BIGO
Toshiba:24Banc81/Toshiba/toshy99
ToshibaLaptops: press left Shiftkey
Vextrec Technology: Vextrec
Vobis: merlin
WIMBIOS v2.10: Compleri
Zenith: 3098z / Zenith
Zeos: zeosx


Bila semua master password TIDAK AMPUH..terpaksa kita gunakan cara pamungkas yaitu MENCABUT BATERAI CMOS dan diamkan selama 5-10 menit, bahkan ada yang harus sampai 24jam atau 1tahun. Mencabut baterai CMOS dapat menghilangkan semua setingan BIOS termasuk password ke posisi default (semula). Dengan mencabut baterai berarti kita menghilangkan sumber power BIOS untuk menyimpan semua setingan BIOS dan kita harus sabar menunggu sampai power yang tersisa di dalam komponen elektronik mainboard habis seluruhnya, barulah baterai dipasang kembali. Yang sabar ya..^_^..

0 komentar:

Posting Komentar

HARRY PRASETYO

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...