Kamis, 17 Februari 2011

Software Adobe Flex Builder 3 Professional Gratis

Adobe Flex Builder 3 Professional
Adobe Flex Builder 3 Professional
Adobe Flex merupakan sebuah perangkat untuk mengembangkan software (perangkat lunak) yang dirilis oleh Adobe Systems yang digunakan untuk menghasilkan rich Internet application berbasis Adobe Flash. Aplikasi Flex dapat ditulis menggunakan Adobe Flex Builder (komersil) atau menggunakan compiler yang disediakan gratis oleh Adobe.
Salah satu kesulitan programmer ketika mengembangkan sebuah sistem adalah editor. Tak terkecuali untuk Flex. Dan biasanya vendor hanya menyediakan compiler gratis, tanpa editor.. :( Yap, disinilah sisi bisnisnya. Bila compiler yang dijual, kemungkinan besar bahasa tersebut tidak akan laku. Tapi bila compiler disediakan gratis, para programmer tentu mau mencobanya. Dan tentunya, untuk kemudahan si vendor menyediakan tools yang dapat diperoleh dengan mengeluarkan sejumlah uang.
Tapi apakah tertutup kemungkinan untuk mendapatkan tool ini secara gratis? Enggak donk. Ada banyak cara untuk mendapatkannya secara gratis. Bisa pake bajakan atau yang legal. Lho? Ada yang gratis tapi legal? Ya ada laa…
Adobe berbaik hati memberikan tool ini secara gratis dengan syarat tertentu. Pengguna haruslah dari kalangan akademis. Boleh mahasiswa, pegawai atau dosen. Gimana caranya? Gampang. Kamu cukup mendaftar yang menyertakan bukti bahwa kamu adalah mahasiswa, pegawai atau dosen. Bukti tersebut bisa berupa Kartu Tanda Mahasiswa (Student ID), Faculty ID (Apa ni bahasa Indonesianya? Kartu Tanda Dosen? :LOL:), Kartu Pegawai atau surat dari institusi yang menerangkan bahwa kita adalah mahasiswa, pegawai ataupun dosen. Dan semua bukti tersebut harus menunjukkan bahwa kita masih aktif di institusi tersebut. Ga sulit kan?
Prosedurnya, setelah melakukan pendaftaran dengan menyertakan tanda bukti, kita harus mendownload Adobe Flex Builder 3 Professional versi Trial terlebih dahulu (sekitar 400an MB). Apabila tanda bukti yang kita kirimkan dinyatakan valid, Adobe akan mengirimkan email yang berisi serial number Adobe Flex Builder 3 Professional Full Version for Education. Lama proses verifikasinya sekitar dua minggu. Tapi pengalamanku kemarin, gak terlalu lama, cuma butuh beberapa hari aja. Saran dariku, usahakan pake email institusi ketika mendaftar. Biar pihak Adobe lebih yakin kalau kita memang berasal dari institusi tersebut.
Oia, tentu aja ada syarat dan kondisi dari Adobe yang harus disetujui. Untuk lebih lengkapnya bisa mengacu ke FAQ. Kalo ku liat, trik yang digunakan Adobe cukup bagus. Meracuni institusi pendidikan untuk menggunakan software mereka. Bila institusi pendidikan uda terbiasa, ntar di lingkungan kerja tentu mereka akan mencari software yang sama. Yah, seperti hubungan simbiosis mutualisme lah.. Semoga kemurahan hati Adobe diikuti oleh vendor-vendor yang lainnya.. :)
Ok deh, buat yang uda penasaran dan pengen ndaftar biar dapet Adobe Flex Builder 3 Professional gratis, langsung aja menuju TKP gan!

0 komentar:

Posting Komentar

HARRY PRASETYO

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...